Mengembangkan cara Terbaik Memproduksi Kentang Berkualitas Kota Batu

Kembalikan Estetika Alun-Alun, PKL Kota Batu akan ditata
February 3, 2017
Panen Padi Sehat Ramah Lingkungan
July 30, 2018

Demi pembuatan benih kentang yang cepat, murah dan mudah dijangkau Petani Kentang Batu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Didukung DPR Komisi VII dan Pemerintah Kota Batu, BPPT mengadakan Diseminasi Teknologi Penyediaan Benih Tanaman Kentang Secara Ex Vitro di Lahan Milik Bapak Joni Sumber Brantas hari Minggu (15/6/18)

Acara dimulai dengan panen kentang ex vitro bersama dan peninjauan ke bibit tanaman kentang Ex Vitro. Setelah itu, diadakan Saresehan di Gapoktan Sumberasih untuk membicarakan tentang perkembangan penelitian teknologi penyediaan tanaman kentang secara Ex Vitro.

Dewanti Rumpoko (Dewanti Rumpoko) dalam  sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPPT dengan teknologi yang dapat membantu petani. Beliau juga berterima kasih kepada bapak Joni yang bersedia menyediakan lahannya untuk dijadikan percontohan dan Uji Coba. Jika tanaman kentang secara Ex Vitro, Pemerintah Kota Batu sudah menyiapkan pengolahan agar produk kentang dapat menjadi komoditas khas Kota Batu. Beliau juga berharap semoga kerjasama antara BPPT, Pemkot Batu, DPR Komisi VII dan para Petani terus berlanjut agar petani Kota Batu dapat hidup sejahtera dan akhirnya memakmurkan bangsa ini.

Unggul Priyanto M.SC (Kepala BPPT)  menyampaikan, meski banyak halangan tidak mengurangi usaha untuk menghasilkan teknik penyediaan benih Ex Vitro yang berkualitas. Beliau juga menyatakan bahwa kedepannya jika sudah berhasil dengan kentang, akan dilakukan penelitian mengenai benih Apel dan Jeruk di Kota Batu.

Sedangkan Ir. H.M. Ridwan Hisjam (DPR RI Komisi VII) menyampaikan bahwa BPPT memiliki tantangan di Anggaran penelitian. Namun, tantangan ini dapat diatasi dan selanjutnya semoga BPPT terus dapat mengembangkan pertanian di Indonesia.

Acara diakhiri dengan penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana bioteknologi serta paket formula Ex Vitro kepada Gapoktan Sumber Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *