Penyesuaian Program Kerja Mahasiswa KKM UIN Maliki Malang dengan Kebutuhan dan Potensi Desa

Video Kreatif Desa Bumiaji
November 21, 2018
Video Kreatif Desa Bumiaji
May 13, 2019

Bumiaji, BATU – Selasa, 8 Januari 2019, mahasiswa KKM UIN Maliki Malang melakukan kunjungan ke Kantor Desa Bumiaji. Bertemu dengan Pak Edy Suyanto selaku Kepala Desa dan didampingi oleh Pak Su’ud Imam, mahasiswa menyampaikan beberapa program kerja untuk sebulan masa pengabdian yang sudah dirancang agar disesuaikan dengan kebutuhan maupun potensi yang dapat digali di Desa Bumiaji.

Program-program tersebut antara lain, asistensi Posyandu Lansia dan Balita hingga pelaksanaan Unit Kesehatan Kerja (UKK), pengadaan bimbingan belajar gratis, mengajar mengaji, hingga bantuan tenaga pembangunan lapangan.

Posyandu merupakan program rutinan yang diadakan oleh pihak puskesmas. Dalam hal ini puskesmas pembantu Desa Bumiaji. Dengan personil yang bisa dibilang kurang memadahi, yakni dua orang Bidan dan satu orang Staff pihak posyandu seringkali kewalahan dalam memberikan pelayanan. Hal inilah yang melandasi terbentuknya proker asistensi posyandu. Bantuan yang diberikan adalah tambahan jumlah personil untuk mengerjakan pencatatan, perekapan, dan layanan farmasi.

Angka anak usia belajar di Desa Bumiaji cukup tinggi. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa-siswi Bumiaji maka diadakanlah program bimbingan belajar gratis. Bimbel ini mencakup semua mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Inggris. hingga Tematik.

Dalam bidang keagaman, Zana Aisyah mengungkapkan bahwa dirinya dan teman-teman ingin ambil andil dalam pembentukan generasi yang Qurani di desa ini. Dalam mewujudkan keinginan tersebut, Zana beserta kelompoknya membantu mengajar TPQ dikeempat dusun di Bumiaji berupa layanan hafalan surat-surat pendek dan doa sehari-hari. (Mad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *