Profil Desa

Desa Bumiaji berasal dari kata “ AJINING BUMI ” yang didirikan oleh Mbah Mbatu atau dalam serat babat tanah jawi lebih dikenal dengan “ Kundi Kucir “ oleh Mbah Abu Ghonaim..

Pada tahun 1993 Desa Bumiaji pernah mendapatkan Trophi bergilir Bupati Malang Lomba Penyuluhan Pembangunan Keluarga Sejahtera dalam rangka Prestasi Kencana, pada tahun 1997 menjadi Juara pertama lomba desa tingkat Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur, pada tahun 1998 menjadi Juara pertama tingkat Nasional Lomba Desa Tingkat Nasional, penilaiannya di dasarkan pada administrasi pemerintahan dari tingkat RT, RW tingkat Desa, kelembagaan Desa serta tingkat kegotong-royongan masyarakat desa dalam membangun desanya.

Ciri khas demikian terus dipertahankan sampai sekarang. Turunnya berbagai bantuan dari pemerintah, mulai dari pemerintah Kabupaten pada waktu itu sampai Pemerintah Kota Batu sampai sekarang membuat warga semakin giat melakukan berbagai kegiatan pembangunan.

Sementara ditingkat kelembagaan Desa juga sering mendapatkan juara dalam berbagai perlombaan, diantaranya yang terbaru adalah Juara I Lomba Desa Terbaik HKG-PKK-KB-KES TP. PKK Kota Batu dan Juara II Lomba Kader dalam even yang sama. Dalam hal pembangunan fisik, pada tahun 2010 Desa Bumiaji mendapatkan proyek yang cukup banyak meliputi pembenahan irigasi, pembenahan jembatan, pembenahan jalan, pembenahan saluran drainase, penunjang pembangunan tempat-tempat ibadah (masjid dan musholla), dan penunjang pembangunan sarana pendidikan, penunjang penguatan dan konservasi lingkungan.

Kondisi Geografis

Geografis

Desa Bumiaji terletak disebelah utara Kota Batu dengan luas wilayah 478,88 Ha ( 9,1 km² ) pada ketinggian 850 – 1.400 m diatas permukaan laut (dpl). Suhu rata-rata harian berkisar antara 20 °C sampai dengan 30 °C. Curah hujan rata-rata 220 mm/th dengan jumlah bulan hujan 5 bulan pertahun.

Batas - Batas

Sebelah Utara:Desa Bulukerto
Sebelah Timur:Desa Giripurno
Sebelah Selatan:Desa Pandanrejo
Sebelah Barat:Desa Sidomulyo

Luas Wilayah

Luas Desa seluruhnya adalah : 478,88 Ha ( 9,1 km² ). Terdiri dari :

Sawah Irigasi Teknis:70 Ha
Sawah Irigasi Semi Teknis:27 Ha
Ladang / Tegal:212 Ha
Pemukiman:55,2 Ha
Pemukiman Real Estate:6 Ha
Tanah Kas Desa:33,08 Ha
Lapangan:2,3 Ha
Perkantoran/Pemerintahan:2,3 Ha
Jalan:28,6 Ha
:3,4 Ha