Sumber Daya Alam

Dilihat dari tata guna tanah yang dimanfaatkan oleh penduduk Desa Bumiaji yang sebagian besar adalah lahan pertanian, menunjukkan bahwa masyarakat Desa Bumiaji mayoritas bekerja sebagai petani. Tanaman yang dibudidayakan meliputi tanaman buah ( apel, jeruk, jambu ) dan tanaman hortikultura (bawang merah, bawang putih, tomat, seledri, brokoli, kol, cabe, kubis, sawi-sawian) dan tanaman pangan (padi, jagung, ketela pohon, ubi jalar), dan juga mulai mengembangkan dam membudidayakan tanaman Tebu, rosella, dan tanaman jenis toga.

Sumber Daya Manusia

Selain komoditas pertanian, sebagian penduduk juga bekerja dan mengembangkan sektor industri kecil antara lain pembuatan jenang apel, sari apel dan kripik buah-buahan, dan pembuatan macam-macam kripik lainnya. Selain itu pembuatan mebeler, pembuatan sandal, juga dikembangkan oleh sebagian warga masyarakat Desa Bumiaji.

Sumber Daya Kelembagaan

Desa Bumiaji sebagai salah satu usaha untuk mendongkrak perekonomian masyarakat antara lain adalah usaha pengembangan sektor pariwisata dengan usaha pengembangan wisata petik apel yang lebih dikenal dengan nama Wisata Bukit Apel Desa Bumiaji. Sedangkan untuk mendukung usaha peningkatan hasil usaha di bidang pertanian dan usaha penyelamatan lingkungan dimasing-masing Dusun yang ada di Desa Bumiaji dibentuk kelompok tani dan kelompok ternak sesuai dengan usaha masing-masing yang ada di dalam kelompok masyarakat.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana Desa yang telah terbangun berdampak sangat positif untuk kelancaran transportasi akses masyarakat dalam mengerakkan roda perekonomian desa, Khususnya bidang pertanian dan terbukanya usaha-usaha ekonomi sekala kecil seperti toko, pracangan, pedagang keliling warung dan lain-lain. Berbagai sarana yang telah terbangun dari berbagai sumber yaitu; Pembangunan Jalan Usaha Tani (membuka Jalan Baru), Jalan Lingkungan, saluran air/Drainase,Pembangunan Balai Pertemuan Adat, Pembangunan Penerangan Jalan Umum, sarana Olahraga Desa.